BUSINESS PLAN


RENCANA BISNIS
“ Gallery Ahfa Batik Madura”
Islamiatul Jannah
08    november,2011
Bagian 1: Profil bisnis
Pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM)  merupakan dasar dalam perekonomian dalam upaya perbaikan perekonomian nasional karena sebagian besar usaha yang ada di Indonesia adalah usaha kecil dan menengah yang banyak menyerap tenaga kerja dan memanfaatkan sumber daya domestik. Salah satu usaha kecil dan menengah tersebut adalah gallery batik.  Indonesia dikenal sebagai Negara penghasil batik dengan kualitas bagus yang telah diakui oleh Dunia, hal ini terbukti dari diakuinya batik Indonesia oleh Unesco pada tanggal 2 oktober 2009. Salah satu wilayah di Indonesia yang mampu menghasilkan batik dengan corak yang unik serta kualitas terbaik adalah Madura.  Salah satu Industri kecil yang menjadi kebanggaan daerah Madura  memang  batik. Bisnis batik salah satu bisnis yang masih memiliki peluang sangat besar apabila diiringi dengan inovasi-inovasi terbaru.
Peluang bisnis batik di Madura merupakan sebuah kesempatan bagi Masayarakat Madura pada khususnya selain untuk memperbaiki perekonomian pribadi dan Daerah  juga mengembangkan batik Madura agar lebih dikenal oleh masayarakat luas. Seluruh daerah yang ada di Madura mampu menghasilkan batik, hingga saat ini batik Madura yang dikenal luas oleh masyarakat adalah Batik Tanjung Bumi, Bangkalan dan Batik Banyumas Pamekasan. Namun, Gallery batik Madura itu sendiri yang menyediakan semua jenis batik yang ada di Madura masih terbatas. Padahal, sejak diresmikannya jembatan SURAMDU, Madura dijadikan tempat  rekreasi oleh masyarakat pendatang, baik rekreasi wisata ataupun religius.  Hal itu menunjukkan bahwa peluang Bisnis gallery Batik Madura masih sangat prospek sebab pada umumnya masyarakat yang berkunjung ke Madura pasti membeli oleh-oleh khas Madura Khusunya batik.
Kekuatan (Streangth) dalam bisnis ini diantaranya Kualitas produk yang akan di jual bagus, Menyediakan seluruh jenis batik Madura, Menyediakan batik dengan inovasi-inovasi terbaru.
Bagian 2            
v  Visi dan misi
Visi : Mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan tetap mengedepankan mutu & kualitas yang baik & berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan”.
 Misi : untuk mencapai visi maka hal-hal yang dilakukan oleh gallery batik adalah;
   - Tetap konsisten pada kualitas yang baik.
   - Selalu memberikan inovasi-inovasi yang baru.
- Memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pelanggan
   - Memperluas pasar.
Saya seorang wanita yang bernama “islamiatul jannah” anak ketiga dari enam bersaudara. Pendidikan yang telah ditempuh SDN lemper 1, MTS dan SMA dipondok pesantren miftahul ulum dan pada saat ini masih seorang mahasiswa universitas trunojoyo Madura dibangkalan.  Sebelum rencana ini pengalaman saya dulu pernah kerja dibutik menjadi desainer dicabang pamekasan.
Bisnis Galery Ahfa batik Madura ini pada awalnya  muncul ketika penulis melihat dan mengamati permintaan terhadap batik semakin meningkat seiring dengan peningkatan inovasi-inovasi pada batik itu sendiri. Gallery Ahfa batik Madura ini berlokasi di daerah Kota Pamekasan, tempat ini sangat strategis karena tempat ini menjadi persinggahan bagi masyarakat yang ingin mengunjungi daerah Sumenep. Selain tempat yang strategis di Pamekasan belum ada sejenis gallery Batik yang menyediakan seluruh jenis batik Madura, yang ada hanya gallery batik yang menyediakan batik khas daerah itu sendiri. Sedangakan Gallery Ahfa ini menyediakan batik dari berbagai jenis batik yang ada diseluruh penjuru kabupaten  di Madura. Keadaan ini menjadi peluang bagi Galleri Ahfa untuk mengembangkan usaha tersebut.
v  Data perusahaan
1.      Nama perusahaan                  : CV. Gallery Batik
2.      Jenis Produk                            : Batik
3.      Alamat Perusahaan                : Jln. Raya Bangkalan  no 42 Bangkalan
4.      Nomor Telephon                     : 031-744243

v  Data Pemilik
1.      Nama Pemilik                         : islamiatul jannah S.sos
2.       Jabatan                                  : Direktur Utama
3.      Tempat tanggal lahir               : Pamekasan, 27 desember 1990
4.      Almat Rumah                        : pademawu Pamekasan
5.      Nomor Telephon                    : 087750405297.
Bagian 3: komunikasi
v  Promosi (Promotion)
Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran, yang merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/ membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Strategi Promosi yang akan dilakukan oleh gallery Ahfa terdiri dari beberapa kegiatan yaitu:
a.      Display/ Penataan Barang (Show)
Dengan memamerkan aneka jenis batik  seperti baju, sarung dan kain batik secara langsung di Gallery Ahfa sebagai upaya untuk mendorong perhatian serta minat konsumen untuk membeli.  
b.   Penjualan Personal (personal selling)
Yaitu komunikasi dua arah antara karyawan Gallery Ahfa dan pelanggan guna menarik  selera konsumen dengan menawarkan produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan,  penawaran ini dilakukan oleh karyawan yang terdapat di Gallery Ahfa terhadap konsumen yang mengunjungi Gallery tersebut.
.c.  Media internet
Gallery Ahfa batik Madura menggunakan media internet seperti blog dan faceebook  sebagai salah satu sarana pemasaran, dalam hal ini yaitu untuk memberikan informasi kepada khalayak luas tentang keberadaan perusahaan dan aneka jenis batik yang dijual beserta harganya.

Bagian 4: Struktur  organisasi







v  Job discription
Ø  Direktur
Tugas:
·         Mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian operasi Gallery
·         Bertanggung jawab secara umum dan menyeluruh terhadap jalannya manajemen Gallery, baik hubungan di dalam Gallery (intern) maupun di luar Gallery (ekstern) itu sendiri.
·         Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap semua kegiatan yang ada dalam perusahaan.
Wewenang:
·         Mengambil dan memutuskan kebijakan
·         Meminta pertanggung jawaban dari pelaksanaan operasi perusahaan terhadap karyawan.

Ø  Staf Pengadaan Barang
Tugas:
·         Bertanggung jawab dalam memonitor pelaksanaan pengadaan barang dari pengrajin batik di seluruh daerah di Madura serta menjaga hubungan yang baik dengan pengrajin, selain itu juga mengatur perencanaan mengenai jumlah batik yang harus dibeli dari pengrajin.
Ø  Staf Pemasaran Barang
Tugas
·         Melakukan proses penjualan batik
·         Bertanggung jawab atas seluruh yang berkaitan dengan penjualan batik serta memiliki peran untuk tetap mempertahankan loyalitas konsumen dan mempromosikan produk tersebut.
·         Selalu mencari informasi-informasi terbaru yang berkaitan dengan perkembangan marketing mix.
Ø  Staf Keuangan
Tugas
·         Bertanggung Jawab untuk mencatat dan membukukan seluruh keuangan dalam Gallery Ahfa
·         Melaporkan setiap 2 minggu sekali tentang keuangan Gallery Ahfa terhadap pimpinan Gallery dan pada melaporkan juga pada saat rapat bulanan.
Bagian 5: Tanah dan bangunan
Dalam bisnis ini tanah dan bangunan yang akan kami dibutuhkan sebagai berikut:
*      Kebutuhan ruangan: di perkirakan mencapai 10X10 m 
*      Kebutuhan masa depan: sekitar Rp 5miliar
*      Penetapan wilayah dan persetujuan penggunaan dalam bisnis ini bisa dikatakan positif karena milik direktur itu sendiri.
Bagian 6: Pembiayaan
Dalam menjalani bisnis ini atau membukanya saya ingin dari segi pembiayaan keseluruhannya dari modal sendiri. Strategi pembiayaan yang dibutuhkan keseluruhan diperkirakan mencapai Rp14 miliar.
Bagian 7: Pemasaran
Berdasarkan analisis pasar, bahwa secara lokasi Gallery Ahfa cukup strategis karena berada di pusat perkotaan daerah Pamekasan yang pada umumnya mobilitasnya cukup tinggi, sehingga diprediksikan daya beli masyarakatnya terhadap produk batik  tinggi pula. Selain karena lokasi yang strategis, dilihat dari jenis pekerjaan masyarakat Madura Pada khususnya Kabupaten Pamekasan memiliki frekuensi cukup tinggi untuk pekerjaan PNS dan pegawai swata, dimana pada hari-hari tertentu diwajibkan untuk memakai baju batik, sehingga keadaan ini akan menyebabkan permintaan terhadap batik semakin tinggi.
Dalam usaha untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan dibidang pemasaran, setiap perusahaan melakukan kegiatan penyaluran. Saluran distribusi merupakan suatu organisasi di dalam dan di luar perusahaan, yang membantu perusahaan menyalurkan kepada konsumen produk serta jasa yang ditawarkan. Suatu kegiatan di dalam memasarkan produk tidak lepas dari masalah saluran distribusi, dimana saluran distribusi adalah saluran yang digunakan produsen untuk menyalurkan produk sampai ke konsumen atau berbagai aktivitas perusahaan yang mengupayakan agar produk sampai ke tangan konsumen.
Gallery Ahfa ini memliliki 2 jalur distribusi yaitu
Ø  Pemasaran langsung

Proses pemasaran batik ini dari Gallery Ahfa langsung kekonsumen, yaitu konsumen sendiri langsung datang ke Gallery Ahfa  untuk membeli atau memesan batik baik dalam jumlah sedikit atau banyak.
Ø  Pemasaran Tidak Langsung

Proses pemasaran batik dimulai dari Gallery kemudian disalurkan kepada Distributor yang selanjutnya akan didistribusikan pada konsumen.
 produk  yang dijual di Gallery Ahfa adalah semua jenis batik Madura, berupa baju, sarung, kain batik. Ada banyak inovasi-inovasi batik yang disediakan di Gallery ini yang selalu mengedepankan mode, sehingga akan menarik perhatian konsumen.  Ada banyak diversifikasi produk batik yang disediakan di Gallery Ahfa ini sehingga banyak memberikan pilihan bagi konsumen. Gallery Ahfa menjual barang dengan selalu menjaga kualitas agar produk tersebut tetap dipercaya oleh konsumen dan alhamdullah gallery ahfa sampai saat ini masih terus berkembang. Adapun contoh jenis produknya adalah seperti terlihat pada gambar berikut:


            Gambar 1.1.                               Gambar 1.2                         Gambar 1.3 
Batik model baju kebaya   Baju batik dengan desain menarik.    Baju batik dengan model     
                                                                                                   sederhana, tapi tetap terlihat elegan.












Gambar 1.4                                       Gambar 1.5
Aneka macam kain Batik      Aneka macam sarung Batik dengan corak unik

















 
 Gambar 1.6
Aneka pilihan baju batik tampil menarik
                  
        Gambar 1.7                               Gamabar 1.8
Corak batik Bangakalan               corak batik pamekasan

Gambar 1.9                                  Gambar 2.0
Corak batik sumenep                           corak batik sampang